jump to navigation

Belajar talking di Talk-Inc?! Training Review… August 14, 2008

Posted by orangutanz in manggoblog, Seurieus....
Tags: , , , , , , ,
trackback

avatar kingkong

Siapa sih yang perlu belajar komunikasi? Bukannya tiap hari kita berkomunikasi ya? Terus buat apa kita perlu belajar “berbicara” dari sebuah lembaga pendidikan mengenai hal ini? Bayar lagi?!?!? Lagi-lagi orangutanz jadi orang yang beruntung (buat beberapa orang, primata yang beruntung), ga keluar duwit, dikirim sama kantor untuk ikutan training di Talk-inc, Jl. Wijaya – Kebayoran Baru. Uhuy….

Gw dulu adalah salah satu orang yang cukup arogan untuk bilang “Gw ga butuh buku pengembangan diri.” Intinya sih gw ga perlu didikte orang lain mengenai gimana gw harus menjalankan hidup gw. Dalem ati, Who the hell are you telling me what to do. Begitu juga urusan perkomunikasian ini. Kenapa gw harus ngikutin cara orang laen. Gw cukup pede untuk ngomong dengan cara gw sendiri. I love my uniqueness and proud to be different.

Di hari yang indah itu, gw dan rekan-rekan kantor dapet materi “The Blue Print Of Your Presentation” dari Mas Lohjenawi Trinadi dan “Mastering Presentation Program – Keep It Simple & Sharp” dari Mas Erwin Parengkuan. Dan ternyata eh, ternyata…. Gw lumayan dapet banyak pencerahan di training ini. Ok, gw mungkin tau cara membuat topik pembicaraan gw menarik dkk tapi apakah efektif?? Apakah pesan yang sampai ke lawan bicara gw sesuai dengan yang gw mau? Apakah bahasa tubuh gw mendukung? Apakah artikulasi gw sesuai? Apakah ketika ngomong ada iler meler-meler di ujung bibir gw? Koq gw geli sendiri ya bayanginnya… Intinya, ternyata banyak banget teknik presentasi dan berkomunikasi yang gw ga ngeh dan banyak kesalahan berkomunikasi yang gw lakukan.

Sedikit sharing tentang apa yang gw dapet disana, coba baca buku Personality Plus. Bukunya warna kuning. Dulu gw baca buku ini cuma buat tau aja, gw itu termasuk orang yang seperti apa sih dan temen-temen gw seperti apa. That’s it. Padahal dengan mengetahui karakter lawan bicara kita, kita bisa melakukan komunikasi yang efektif dan tepat guna. Tinggal liat aja karakter lawan bicara kita ini apa, dan ajak dia bicara dengan pendekatan yang sesuai personality-nya. Simple tapi ngena kan…

And here is the good news, gw salah satu dari 3 peserta yang dapet voucher belajar di Talk-Inc karena presentasi dadakan, penuh intimidasi, keterlaluan, tanpa tedeng aling-aling (whatever that means), kejam, tanpa kompromi yang diharuskan oleh Mas Erwin dan Mas Jin. Tebak Topiknya apa, Mang-Go-Blog! Yay…! Masih berharap hadiah vouchernya dapet 4 lembar sih. Atau langsung dapet paket belajar lengkap gituh. huahhaha… ngarep… Anyway, sekedar tips, Ketika lagi mau difoto bersama dengan team juri dan tempatnya sempit, jangan nyuruh juri yang terhormat untuk jongkok di depan kita posisinya. Huehhehee… hampir di bogem Mas Jin.

Comments»

1. mostboy - August 14, 2008

“siapa sih yg perlu belajar komunikasi?”

pertanyaan yg sering saya dengar klo orang mengetahui saya mahasiswa ilmu komunikasi..huhuhuhu….

saya juga ga peduli kok sm buku pengembangan diri… tp cara berkomunikasi emang termasuk di dalamnya? bukannya buku pengembangan diri hanya memuat berbagai etos kerja yang sebenarnya kita udah tau….huhuhuhu

2. orangutanz - August 14, 2008

Mostboy, kenapa sih kalo mampir kesini kepala lu harus sekritis itu… Why?!?! Kenapa coba?!?!

Mbok ya masih mahasiswa itu pergi dugem, main perempuan, mabuk-mabukan…. buahahahahha… ngga deh… Oy oy!! Yang barusan becanda!!! huahahhaa…

Gw anti buku pengembangan diri, sama seperti antinya gw diajarin teori komunikasi. Intinya ituh. Btw, udah ketemu jawaban dari pertanyaan “siapa sih yg perlu belajar komunikasi?” wakkakaka…

3. mostboy - August 15, 2008

pergi dugem, main perempuan, mabuk-mabukan itu klo malam hari, bung…klo siang ya kritis…hehehe…

setuju, gue jg anti teori komunikasi…buktinya dosen gue yg ngajarin teori komunikasi mengingkari yg dia ajarkan karena terbukti komunikasi yang ia lakukan tidak efektif (soalnya gue ngantuk mulu klo kelas teori komunikasi semester kemaren..huhuhhu)

4. babs - August 15, 2008

Pakar komunikasi nomor 1 ya, mas oy uyo…. tapi seperti yg lo bilang tanz, belum tentu efektif disesuaikan dengan karakter lawan bicara, kalo yg karakternya “blogger” udah pasti gak mempan, tapi kyknya “blogger” bukan karakter deh…..😀

Intinya semua yg gratisan pasti lebih gampang diterima dibanding lo harus bayar sendiri tuh training. Hayo ngaku!!!

5. Riyogarta - August 17, 2008

Ahhh, hal yang sama juga pernah saya alami. Jadi tenang ajah Tanz, yang penting tidak ada kata terlambat untuk belajar😉

6. orangutanz - August 19, 2008

@ Riyo
Ciyeee calon bapaaak…! You Did It, Stud! huehehhee…

@ babz
Sejujurnya gw udah lama ada keinginan untuk belajar public speaking. Tapi gengsi gw selalu menolak. Apalagi kantong gw. Buehehehe…
Semenjak kerja “mata” gw sedikit lebih terbuka terhadap “pemandangan” yang dulunya “ga ingin gw liat”. Makanya gw beruntung, dengan dikirim sama kantor gw ga usah keluar duwit (malah dapet voucher *berharap sibabi ngiri*) dan ga perlu nolak karena gengsi. Dengan ngikut training itu “mata” gw memang jadi “lebih terbelalak” lagih.

Bocoran lagi nih : Komunikasi lewat verbal itu pengaruhnya cuman 5%. Imagine, babs. Kita berbusa2 dengan kata-kata dan efektifitasnya cuman 5%.
Kapan kita bisa menguasai dunia?!?!?!!?

Gw dapet voucher loh babs…. *tetep usaha*

7. babs - August 20, 2008

voucher gituan aja seneng; mendingan dapet voucher carefour bisa belanja hehehe

btw gue dapet voucher niko hotel nih; wanna join us?

8. Radicaline - August 20, 2008

Pantes lo agak ‘bantet’ huehehehe…bagus deh kalo skrg uda mulai ngembang😀
Ati2 ya kalo ngomong jgn cm jgn ampe ngiler tp jgn ampe muncrat jg hehehehe..

9. Andy MSE - September 2, 2008

Oh.. ternyata orangutan perlu juga belajar komunikasi, hehehe… tks pencerahannya bro!

10. de2w - September 3, 2008

hmmm..
belajar komunikasi yah..
ung..anu..
adu..
eng..ah..
eu..
kira2 gw mesti belajar ga??

11. kampret nyasar - September 10, 2008

I guess this training would make you an excellent communicator.. 🙂. That’s cool!

This would make your blog more interesting in days to come. Kind regards from West Africa as I enjoy reading this blog.

12. orangutanz - September 11, 2008

@ babz
u pake buat adegan persenggamaan aja babz. Dibanding buka kamar dan bengong be-4 an mendingan kapan2 kita balapan gokart ajah. gmn?! elu yg traktir deeeeeeh!! gw ga masalah koq.

@ radical
muncrat?! menurut lo?! palingan cuma ada sedikit air liur menggenang di ujung2 bibir… eeeyuh…

@ andy
abis gimana dong om… kalo kaum orangutan ga diajarin berkomunikasi dengab manusia secara baik, manusia bakal ngejar2 kita terus. Please deh… mendingan ngejar2 Dewi Dee & Marcel. They handle gossip way better than most of us primates.

@de2w
ah ga usah… saya mengerti maksud anda koq. mungkin konsultasi ke psikolog lebih mask akal.

@ kampret nyasar
well, thank youuuu…
nyasarnya rada jauh ya pak sampe ke south africa. Ga takut tugas disana? Kan lagi gonjang ganjing. Sempet ikutan jadi milyuner di zimbabwe kah??
Slamat bertugas ya, om! I always admire peace keeper.

13. rika - September 14, 2008

hmm halo salam kenal🙂
biaya kursus ny berapaan ya? trus training ny berapa lama? tengkyuuu😀

14. Pangeran Siahaan - September 16, 2008

@orangutan

kok abis ditraining komunikasi ga ada postingan baru? huhuhuhuhu…

15. karina saputri - September 18, 2008

asal jangan sampe membatasi kita jadi diri sendiri aja *terlalu serius*

wkakakkkkakkakakk *agak aneh karna ketawa belakangan*

16. orangutanz - September 18, 2008

@ Rika
silahkan ke http://www.talk-incorporation.com/ untuk info lebih lanjut.

@pangeran berbopeng
giliran sibabi tuh… masih ngurusin penipu internet dia…

@karinasaputri
Untungnya tidak. Malah meng-upgrade diri saya yang keren dan oke berat ini menjadi lebih baik lagi.

Hmmmm… Keqnya MangGoBlog bole minta fee deh udah mempromosikan Talk-Inc huehehehe… Atau minta paket belajar lengkap gratis buat orangutanz & sibabi. huehehe…
berharap dibaca Mas Erwin dan dikabulkan. huehhehee…

17. Djatmiko - November 22, 2008

halo om Jen, saya mau tanya nich gimana cara mengatasi pelanggan yang sering ngutang ??? Terima kasih

18. orangutanz - November 22, 2008

Panggil saja orangutanz biar lebih intim. “wink wink”

Karena kamu lahir di kamis pahing, kamu seharusnya kerja di air. biar ga diutangin, ketik REG spasi palalupeang kirim ke 1234.

?!?!

Mungkin seharusnya tanya sama mbah roso…
lagian who the hell is jen?
sibabi namanya bukan jane… kalo maksudnya lohJENawi, silahkan masup ke link website yg diatas.

19. tasya - February 14, 2009

gw juga di talk-inc, baru aja hari ini.. ya ampun.. ternyata susah yah..

20. devi - July 16, 2009

bisa bantu kasih pencerahan…. tantowi yahya Public speaking school VS charles bonar sirait vs talk inc??? plus and minus? thnks

21. orangutanz - July 17, 2009

gw ga pernah ikut tantowi yahya or charles bonar sirait. talk inc aja dept gratisan. jadi ga bisa compare. silahkan tanya2 di roum umum seperti kaskus.us mungkin bisa dapet pencerahan disana,,,

22. sonyapermataputri - January 22, 2010

kalo orang yang tadinya malu-malu dan gak berani ngomong gitu, kira-kira bisa bermanfaat ga ya kalau kursus di tempat ini..?

orangutanz - February 1, 2010

Menurut gw sih bermanfaat.
Tapi masalah jadi berani ngomong apa nggak mah kembali ke orang itu mau ngelawan ketakutannya apa ngga. Tips2 dari pengajar lumayan ngebantu buat ngelawan rasa takut sih.
Tapi ya kembali ke diri kita sendiri menurut gw.


Leave a Reply

