jump to navigation

Bahasa Inggris dan Problematikanya. December 23, 2012

Posted by orangutanz in manggoblog, Suara Mang-go-blog.
Tags: , , , , ,
trackback

avatar kingkong

Buat orang yang ga biasa berbahasa inggris apalagi fasih seperti saya, di dunia kerja bisa fatal. Apalagi kalo punya bos orang Singapore. Inggris dengan logat bener aja puyeng, apalagi yang keriting coba.

Hampir tiap bulan kantor saya pasti dikunjungi oleh petinggi-petinggi dari sana. Herannya dari sekian banyak petinggi ada 1 orang yang setiap dateng, kalimat pertamanya pasti saya ga mudeng. Begini contoh ceritanya…

Suatu hari yang indah di sebuah electronic center.
Bos lokal dan bos Singapore (sebut saja Mr GiNdrong) sedang ngobrol tentang situasi market sembari bercanda. Tiba-tiba dia manggil gw dalam kondisi masih ketawa-ketawi.

Mr GiNdrong: hey… hey… Tanz! You ayawa bayawa dalawama yanya blalaaa. *tersenyum lebar*

*takjub. mencoba mencerna.patah arang*
Tanz: Errr… Excuse Me?

Mr GiNdrong: You ayawa bayawa dalawama yanya blalaaa. Right?! *tersenyum lebar*

*memeras otak. melebarkan kuping. patah arang lagi. mulai panik*
Tanz: … eeerrrr… i am sooooo sorry… could you… repeat that…?

Mr GiNdrong: Ah! You… ayawa bayawa dalawama yanya blalaaa. haha… *masih mencoba tersenyum lebar*

Stress mampus…
Gw masih ga nangkep sedikit pun omongan manusia bermulut sandi rumput ini.

Dengan kondisi si GiNdrong masih menatap, tersenyum lebar menunggu respon, saya mencoba memutar otak cara merespon dengan cepat, hingga akhirnya respon yang keluar adalah:

Tanz: …aaaa… ahaaa haaa haaa haaa haaa…
*mencoba tertawa dgn raut muka lebih mirip menyeringai dibandingkan tertawa. nada garing.*

Mr GiNdrong: …??
*masih menatap. senyumnya jadi hambar. mukanya gantian bingung*

Tanz: …. ha… ha…
*keringet dingin*

Mr GiNdrong: …????
*senyum hilang. muka makin bingung. Masih menunggu respon yang benar.*

Tanz: … ahaaa…
*banjir keringat*

Mr Gindrong: …????????
*celingukan ke bos lokal lalu kembali menatap saya dengan raut tak percaya dengan alis meliuk*

Tanz:EH… EH…! *tiba-tiba berseru*
*Bos Lokal dan Mr GiNdrong kaget sesaat.*

Tanz: Pak, ini kenapa display kita dibuat kayak begini ya?! *mengalihkan perhatian dengan bertanya hal lain ke bos lokal*

Saya pun akhirnya terselamatkan dengan ngobrolin hal lain bersama bos lokal dan meninggalkan Mr GiNdrong yang masih terbingung-bingung dengan fenomena alam yang baru saja terjadi.

Sampai saat ini saya masih bertanya-tanya sebenernya dia mau ngomong apa ya tiap kali ketemu saya. Bos lokal men-claim tidak bisa menjawab karena dia ga merhatiin percakapan saya dengan dia waktu itu.

Atau…
Jangan-jangan… *backsound mencekam dari synthesizer sinetron*
Dia juga ga ngerti dan pura-pura gila juga…
hmmmmmmmm…. *mata membelalak memicing membelalak memicing*

Manggoblog Moral:
Belajar itu harus dan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional adalah wajib hukumnya. Kalo sampe kita dibuat bingung pake bahasa inggris, jangan mau kalah! Bales bikin tuh orang juga bingung!!!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

